Bagaimana pendapat anda tentang blog ini ?

Minggu, 05 Mei 2013

Haptic Braille Mouse untuk Tunanetra


Kita tahu bahwa bacaan bagi kaum tuna netra sangat terbatas. Dibutuhkan kesabaran untuk mengubah suatu buku menjadi buku huruf Braille. Para kaum tuna netra sebentar lagi bisa menarik nafas lega karena Haptic Braille sebuah perangkat mirip mouse yang mampu menerjemahkan teks biasa menjadi huruf braille dan menampilkannya di permukaannya sebentar lagi hadir.

Itu berarti orang buta bisa membaca hampir semua yang bisa dibaca orang normal. Teknologi ini menggunakan pengenal karakter optis. Cukup arahkan ke buku mana saja dan tunggu feedback dari haptic. Haptic Braille ini sangat praktis sehingga bisa dibawa ke perpustakaan. Bayangkan berapa banyak buku yang jadi tersedia di ujung jari Anda. Luar biasa. Haptic Braille merupakan pemenang Red Dot Concept Design 2010 hasil rancangan Baek Kil Hyun siswa Samsung Art & Design Institute.

Bagi mereka yang tidak tahu cara membaca huruf braille tidak perlu khawatir. Karena alat ini juga mampu merubah huruf-huruf pada halaman buku menjadi suara yang dapat didengarkan menggunakan speaker yang tertanam di dalam alat tersebut. Alat praktis ini ringan dan dirancang sesimpel mungkin serta sangat nyaman untuk digunakan.

CARA KERJA
Cara kerja alat ini seperti scanner. Haptic Braille diletakkan di atas lembaran halaman buku non-braille yang ingin dibaca, kemudian halaman tersebut dipindai. Setelah itu kata-kata pada halaman yang telah dipindai tadi diubah menjadi huruf-huruf braille dan kemudian tampilan dari huruf-huruf tersebut diproyeksikan pada permukan kaca Haptic Braille. Tampilan yang muncul pada permukaan kaca ini merupakan titik-titik huruf braille yang menonjol sehingga pembaca tuna netra dapat menyentuh dan membacanya.



                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar